.comment-link {margin-left:.6em;}

bricolage \bree-koh-LAHZH; brih-\, noun: -a dump site for anything at hand, in mind-

Friday, June 06, 2008

"Tu dia ho dung mate ho.."*

Temen gue punya keluarga besar sarat rutinitas adat dan budaya. Mereka setia memeliharanya hingga jaman moderen. Kali ini ada cerita tentang kuburan. Biasanya, tentang arisan yang bisa berjalan sekian kali dalam sebulan dengan dress code tertentu yang harus dipatuhi.

"Lu tau gak.. sekalinya ke kuburan bokap mertua gue, kaga cukup tuh 200 rebu!" Ujarnya seraya menunjuk pada kembang mawar gadis manis di kantor, hasil kiriman pacar setia. "Mawar kayak gini nih.. Lalu, abis gitu mampir beli minuman di tukang teh botol.. Lu bayangin aja kalo satu keluarga isinya 23 orang. Belon termasuk anak-anaknya. Tambah bedinde-bedinde.. Kebayang dong pengeluaran gue berapa??" Dia mengaku gak mau keluar duit tiap kali ke kuburan.

Tahun ini satu tahun wafatnya mertua dia. Sang kakak ipar bertanya, "Eh kamu kan sering bikin suvenir untuk kantor. Tanya dong, berapa tuh kalo bikin kaos gambar papi?" Temen gue langsung jatoh dari kursi. "Gue cuman dikasih budget sejuta setengah.."

Sebagai tambahan, kuburan juga tempat ketemu jodoh. Dia cerita, salah satu keluarganya ketemu jodoh akibat ada dua keluarga besar sedang visite ke kuburan dan ada dua jomblo yang saling ketemuan.

Oh kuburan..

=============================

"Tu dia ho dung mate ho.." (Batak languange), means "Where would you go after you die."

Photo courtesy of sxc.hu

Labels:

2 Comments:

Blogger Kampret Nyasar said...

Secara dulunya banyak gaul sama orang2 batak itu - sekarang yang masih keinget ya cuman " mate ho" nya doang ...

Faham bener dengan cerita diposting yang satu ini, si Tante juga nikah ama orang batak yang kalau ada acara apa aja pasti lengkap dengan pasukan bodrexnya dibawa serta..

The more the merrier, eh? :D --> and perhaps closer to go bankrupt! :D

Mon Jun 09, 03:57:00 AM 2008

 
Blogger milk.tea.girl said...

Funny where one meets one's future mate. I'd imagine the usual circle of friends, personal or professional, and family functions - weddings often come to mind.

But funerals and graveyards?

I suppose it works well with "to have and to hold 'till death do us part"; except that you don't really part (unless someone buries you somewhere else). He he.

Mon Jun 16, 02:48:00 PM 2008

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home